7 Peralatan Distribusi Listrik Tegangan Menengah, Ada LBS Hingga Trafo

Aug 2024


Peralatan distribusi listrik tegangan menengah digunakan dalam proses pembagian energi listrik kepada pengguna sesuai dengan kebutuhan. Listrik tegangan menengah biasanya dialirkan untuk keperluan industri atau yang lebih tinggi dari rumah tinggal. 

Sementara itu, distribusi listrik sendiri merupakan bagian penting dalam sistem kelistrikan yang berperan mengantarkan energi listrik dari pembangkit ke konsumen akhir. Salah satu komponen dalam sistem distribusi listrik adalah distribusi listrik tegangan menengah, yang memainkan peran krusial dalam menjaga stabilitas dan keamanan pasokan listrik. 

 

Baca Juga: 6 Contoh Penggunaan Load Break Switch di Kehidupan Sehari-hari

 

Pengertian Distribusi Listrik

Distribusi listrik adalah proses penyaluran energi listrik melalui jaringan transmisi dan distribusi hingga sampai ke pengguna, baik itu rumah tangga, industri, maupun bisnis komersial. Dalam sistem distribusi ini, listrik akan mengalami beberapa tahapan penurunan tegangan agar sesuai dengan kebutuhan pengguna akhir. 

Distribusi listrik dimulai dari tegangan tinggi, yaitu dari pembangkit listrik, kemudian berlanjut ke distribusi listrik tegangan menengah dan akhirnya distribusi listrik tegangan rendah yang ada di rumah kita. Dalam hal ini, distribusi listrik tegangan menengah umumnya beroperasi pada kisaran 1 kV hingga 35 kV dan menjadi penghubung antara jaringan transmisi tegangan tinggi dan distribusi tegangan rendah.

Contoh Distribusi Listrik Tegangan Menengah

Distribusi listrik tegangan menengah banyak digunakan dalam berbagai aplikasi, antara lain pada perusahaan industri atau pabrik untuk menyediakan pasokan daya pada mesin dan proses produksi.

Tegangan menengah ini juga dialirkan pada bangunan komersial, seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, dan rumah sakit yang membutuhkan pasokan listrik stabil dan andal hingga pada infrastruktur publik seperti lampu jalan dan instalasi transportasi.

Dengan adanya proses distribusi listrik tegangan menengah, energi dan daya dapat dirasakan manfaatnya untuk khalayak umum, tidak hanya di skala rumah tangga yang menggunakan tegangan rendah, yang biasanya membutuhkan 220-240 volt.

Perbedaan tegangan dalam proses distribusi listrik ini juga tentunya membawa perbedaan pada komponen atau peralatan listrik yang terlibat di dalamnya. Pada skala rumah tangga dengan listrik tegangan rendah, kita biasa melihat instalasi atau perangkat elektronik sehari-hari, seperti stopkontak atau MCB. 

Peralatan Distribusi Listrik Tegangan Menengah

1. Load Break Switch (LBS) 

Load Break Switch adalah sakelar yang digunakan untuk memutus dan menghubungkan aliran listrik pada kondisi beban normal. LBS dirancang untuk memutus arus beban dengan aman tanpa merusak sistem, serta dapat digunakan dalam operasi pemeliharaan atau perbaikan.

2. Current Transformator (Trafo) 

Trafo atau transformator arus digunakan untuk mengukur dan memonitor arus listrik dalam sistem distribusi. Trafo ini mengubah arus tinggi pada jaringan tegangan menengah menjadi arus yang lebih rendah, sehingga dapat diukur dengan alat ukur standar.

3. Isolator 

Isolator adalah perangkat yang digunakan untuk memisahkan bagian-bagian dari jaringan listrik, baik secara fisik maupun elektrik, guna memastikan keselamatan dan mencegah aliran arus yang tidak diinginkan. Isolator ini penting dalam prosedur pemeliharaan dan perbaikan jaringan.

4. Fuse (Sekring) 

Fuse atau sekring adalah alat pelindung yang digunakan untuk memutus aliran listrik ketika terjadi arus berlebih atau korsleting. Dengan adanya fuse, peralatan dapat terlindungi dari kerusakan akibat arus listrik yang tidak normal.

5. Surge Arrester 

Surge Arrester adalah perangkat yang melindungi peralatan listrik dari lonjakan tegangan yang tiba-tiba, seperti yang disebabkan oleh petir atau gangguan listrik lainnya. Alat ini bekerja dengan cara mengalihkan lonjakan tegangan ke tanah, sehingga mencegah kerusakan pada peralatan.

6. Relai 

Relai adalah perangkat pengaman yang berfungsi mendeteksi kondisi abnormal dalam sistem listrik, seperti arus lebih atau tegangan rendah, dan secara otomatis memutus aliran listrik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Relai ini sangat penting dalam menjaga kestabilan dan keamanan sistem distribusi listrik.

7. Energy Meter atau Power Meter 

Energy Meter atau Power Meter adalah alat yang digunakan untuk mengukur konsumsi energi listrik dan mengawasi berjalannya sistem listrik secara real-time. Data yang dihasilkan dari alat pengukuran ini digunakan untuk penagihan dan monitoring efisiensi penggunaan energi, serta menemukan masalah secara cepat apabila terjadi gangguan listrik seperti lonjakan tegangan.

Powered by Froala Editor


Baca Juga: Cara Menghitung Kapasitas MCB Berapa Ampere yang Dibutuhkan Sistem Listrik Rumah

 

Memastikan Peralatan Distribusi Listrik yang Andal

Distribusi listrik tegangan menengah memegang peranan vital dalam memastikan pasokan listrik yang andal dan aman ke berbagai sektor. Dengan menggunakan peralatan yang tepat seperti LBS hingga trafo, sistem distribusi listrik dapat beroperasi dengan efisien dan aman, sehingga bisa mendukung aktivitas sehari-hari dengan optimal.

Pentingnya peralatan yang andal dalam proses distribusi listrik tegangan menengah menjadi suatu keharusan yang tidak boleh disepelekan. Memilih peralatan yang salah atau tidak berkualitas dapat memicu masalah yang berpotensi mengganggu proses distribusi listrik.

Oleh karena itu, jika Anda mulai membutuhkan alat seperti Load Break Switch, Surge Arrester, Fuse, Relai, hingga Energy Meter, pastikan untuk memilih perangkat dari merek yang tepat dan sudah terjamin kualitas serta keamanannya.

Misalnya saja, Load Break Switch yang paling populer adalah LBS dari merek Socomec yang terbukti andal dan memenuhi standar keselamatan sehingga aman digunakan. LBS Socomec ini menyediakan berbagai kebutuhan distribusi listrik dengan kapasitas yang bervariasi, salah satunya seri SIRCO.

Tidak hanya LBS, Socomec juga menyediakan peralatan distribusi listrik tegangan menengah lainnya, seperti sekring/fuse, relai, surge arrester, hingga power meter. Semua perangkat Socomec ini kuat, berkualitas, dan aman serta telah digunakan di berbagai aplikasi oleh pengguna di seluruh dunia.

Socomec sangat mendukung proses distribusi listrik dengan berbagai produk unggulannya. Anda bisa mendapatkan peralatan distribusi listrik tegangan menengah dari Socomec ini di Mitra Cipta Hardi Elektrindo dan Hokione.id yang pastinya asli bergaransi resmi. Jangan ragu memberikan perlindungan optimal pada sistem kelistrikan Anda di sini.


Powered by Froala Editor

www.hokione.id

Related News

Jul 2022
Ingin membersihkan ubin dapur atau kamar mandi Anda? Sertakan item yang cocok untuk permukaan ini di keranjang belanja. Tapi, tentu saja, itu semua tergantung pada seberapa kotor tempat itu. Deterjen netral selalu merupakan pilihan yang bagus; namun, jika ada jamur, lendir, dan noda, itu saja tidak... See More
Aug 2022
Melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan area ketinggian memberikan resiko yang besar, terutama faktor keselamatan pekerja saat menjalani ditugas di area outdoor yang ektrim terutama di ditempat ketinggian gedung dan sebagainya. Bahaya peker jatuh dari ketinggian adalah bahaya nomor satu di lokasi... See More