6 Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala, Ada Masalah di Kabel Hingga MCB!

Jul 2024


Penyebab listrik mati tapi meteran nyala bisa berasal dari berbagai faktor yang terkadang luput dari perhatian. Saat sedang asyik menonton televisi atau bekerja dari rumah, tiba-tiba listrik mati, namun meteran listrik tetap menyala. Situasi ini pasti membuat banyak orang bingung dan khawatir. 

Selain membuat bingung, kenyamanan dalam beraktivitas pun menjadi terganggu. Oleh karena itu, Anda harus segera mengidentifikasi penyebab dari masalah tersebut agar segera menemukan solusi yang tepat untuk memperbaikinya.

Berikut ini beberapa penyebab listrik mati tapi meteran nyala, mulai dari adanya masalah pada meteran hingga kerusakan MCB atau miniature circuit breaker, yang harus segera Anda identifikasi.

 

Baca Juga: 5 Ciri MCB Rusak dan Penyebabnya, Waspada Bahaya dalam Instalasi Listrik

 

6 Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

1. Kabel Twist Longgar

Salah satu penyebab listrik mati tapi meteran nyala yang sering terjadi adalah kabel twist yang longgar. Kabel twist merupakan bagian dari instalasi listrik yang menghubungkan berbagai komponen. Jika kabel ini longgar, aliran listrik bisa terganggu sehingga menyebabkan listrik mati meskipun meteran tetap menyala. Solusi sederhana adalah memastikan semua sambungan kabel twist terpasang dengan erat dan tidak ada yang kendur.

2. Kotak Sekering Putus

Kotak sekering atau fuse box berfungsi untuk melindungi instalasi listrik dari beban berlebih. Jika ada sekering yang putus, aliran listrik ke bagian tertentu dari rumah Anda akan terhenti, meskipun meteran tetap mencatat konsumsi listrik. Untuk mengatasi hal ini, periksa semua sekering di fuse box dan gantilah sekering yang putus dengan yang baru.

3. Koneksi kWh Meter ke MCB Tidak Sempurna

Koneksi antara kWh meter dan Miniature Circuit Breaker (MCB) yang tidak sempurna juga bisa menjadi penyebab listrik mati. MCB berfungsi sebagai pengaman yang memutus aliran listrik saat terjadi korsleting atau beban berlebih. Jika koneksi antara kWh meter dan MCB tidak sempurna, aliran listrik bisa terganggu. Pastikan koneksi terpasang dengan baik untuk menghindari masalah ini.

4. Jalur Instalasi Rusak

Jalur instalasi listrik yang rusak juga bisa menyebabkan listrik mati. Kerusakan ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti tikus atau hewan lainnya yang merusak kabel, terjadi korosi, atau kerusakan fisik lainnya. Untuk memastikan instalasi listrik Anda dalam kondisi baik, lakukan pemeriksaan rutin dan perbaiki setiap kerusakan yang ditemukan.

5. Ada Tulisan "Periksa" di kWh Meter

Jika muncul tulisan "periksa" di kWh meter Anda, ini adalah indikasi adanya masalah dengan meteran listrik tersebut. Tulisan ini biasanya menunjukkan adanya gangguan teknis yang memerlukan perhatian dari petugas. Hubungi PLN untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan mengatasi masalah ini.

6. MCB pada kWh Meter Lemah atau Rusak

MCB yang lemah atau rusak juga bisa menjadi penyebab listrik mati dengan kondisi meteran yang menyala. MCB yang sudah tua atau sering terkena beban berlebih cenderung jadi mudah rusak. Jika MCB tidak berfungsi dengan baik, aliran listrik bisa terputus meskipun meteran tetap berfungsi. Solusinya adalah mengganti MCB yang lemah atau rusak dengan yang baru.

Powered by Froala Editor


Baca Juga: 4 Kegunaan Mesin High Pressure Washer dan Rekomendasi Produk Pembersih Terbaik

 

Solusi Saat Listrik Mati Tapi Meteran Nyala

Jika Anda mengalami situasi saat listrik mati tapi meteran nyala, tetaplah tenang dan jangan panik. Mengetahui penyebab listrik mati meskipun meteran tetap menyala dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan cepat dan tepat. 

Periksa satu per satu pemicu yang dapat membuat kondisi ini terjadi dan jika sudah menemukannya, segera lakukan langkah lanjutan seperti menghubungi PLN atau mengganti komponen bila ada kerusakan dalam instalasi kelistrikan.

Jangan lupa untuk memastikan perangkat listrik seperti MCB, sekering, fuse, kabel, stopkontak, atau sakelar yang dipasang di rumah Anda adalah perangkat yang berkualitas baik. Hal ini sangat penting untuk mencegah potensi kerusakan yang bisa berakibat fatal dan untuk menjaga kenyamanan serta keamanan penghuni rumah.

Misalnya saja, Anda dapat memilih perangkat listrik seperti MCB, sakelar, dan stopkontak, dari Schneider Electric yang sudah teruji dan dipakai dalam sistem kelistrikan skala rumah tangga konsumen di seluruh dunia. Untuk penggunaan di rumah, MCB Domae Schneider adalah pilihan yang terbaik.

Anda tidak akan merasa panik, seperti saat kondisi mati listrik atau munculnya gangguan lain, karena MCB Domae Schneider dirancang maksimal saat ada gangguan listrik seperti overload atau korsleting.

MCB Domae Schneider terlengkap dengan beragam pilihan arus pengenal dan kapasitas pemutusan, bisa Anda dapatkan di Mitra Cipta Hardi Elektrindo sebagai distributor resmi Schneider di Indonesia yang menyediakan produk asli, bergaransi, dan berkualitas terbaik dengan harga murah.

Tak perlu panik saat mengalami listrik mati tapi meteran nyala. Karena dengan menggunakan produk-produk Schneider di Mitra Cipta Hardi Elektrindo, Anda bisa merasakan ketenangan dengan jaminan kualitas serta keamanan yang maksimal.

 

Powered by Froala Editor

www.hokione.id

Related News

Feb 2023
Salah satu ancaman terbesar ke rumah Anda mengintai tepat di dalamnya. Masalah listrik menyebabkan lebih dari 20.000 kebakaran per tahun di Inggris dan lebih dari 45.000 di AS setiap tahun. Api bukan satu-satunya bahaya; 30.000 kecelakaan kejut non-fatal terjadi setiap tahun di Amerika Serikat semen... See More
Dec 2023
PT Mitra Cipta Hardi Elektrindo sebagai distributor elektrikal dan mekanikal nomor satu di Indonesia berpartisipasi dalam rangkaian acara Manufacturing Indonesia 2023, yang digelar pada 6-9 Desember 2023.Acara yang diinisiasi oleh PT Pamerindo Indonesia ini terdiri dari rangkaian pameran mesin, pera... See More