6 Perbedaan Wet Vacuum Cleaner dan Dry Vacuum Cleaner, Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

May 2024


Perbedaan wet vacuum cleaner dan dry vacuum cleaner ternyata cukup banyak. Kedua alat pembersih ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing untuk membersihkan kotoran atau debu.

Vacuum cleaner, atau penyedot debu, adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk membersihkan lantai, karpet, dan permukaan lainnya dengan cara menghisap debu dan kotoran. 

Perangkat ini sangat membantu dalam menjaga kebersihan rumah dan lingkungan kerja, membuat proses pembersihan menjadi lebih cepat dan efisien.

Ada 2 jenis vacuum cleaner yang biasanya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, yaitu dry vacuum cleaner dan wet vacuum cleaner. Kedua jenis penyedot debu ini dirancang untuk menangani jenis kotoran yang berbeda.

Masih bingung dengan perbedaanya? Simak penjelasan berikut ini


Baca Juga: 5 Manfaat Membangun Website E-commerce untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Angka Penjualan


Perbedaan Wet Vacuum Cleaner dan Dry Vacuum Cleaner

Apa Itu Wet Vacuum Cleaner?

Wet vacuum cleaner adalah penyedot debu yang dirancang untuk menghisap cairan serta kotoran basah dan kering. Penggunaan alat ini ideal untuk membersihkan tumpahan air, lumpur, atau kotoran basah lainnya.

Dari segi desain dan komponennya, wet vacuum cleaner memiliki tangki khusus yang mampu menampung cairan tanpa merusak bagian dalam mesin. Selain itu, penyedot debu jenis ini juga dilengkapi dengan sistem penyaring dan pengering yang dapat dicuci.

Wet vacuum cleaner biasanya lebih berat dan besar dibandingkan dry vacuum cleaner karena desain tangki dan sistem penyaring di dalamnya lebih kompleks.

Penggunaan wet vacuum cleaner cocok untuk area yang sering terkena tumpahan cairan, misalnya di dapur atau garasi.

Meskipun fungsi utamanya untuk membersihkan kotoran basah dengan lebih efektif, namun wet vacuum cleaner juga dapat digunakan untuk menghisap debu kering.

Apa Itu Dry Vacuum Cleaner?

Dry vacuum cleaner adalah mesin penyedot debu yang dirancang khusus untuk menghisap kotoran kering, seperti debu, pasir, dan partikel kecil lainnya. Dengan demikian, alat ini tidak bisa digunakan untuk menghisap cairan karena bisa merusak mesin dan filter.

Dilengkapi dengan kantong debu atau wadah yang mudah dibersihkan, dry vacuum cleaner memiliki sistem penyaring khusus untuk menangkap partikel debu yang sangat kecil.

Dengan fungsi dan komponen tersebut, dry vacuum cleaner umumnya lebih ringan dan lebih kompak dibandingkan wet vacuum cleaner.

Dry vacuum cleaner ideal untuk membersihkan karpet, lantai, sofa, dan area yang hanya terdapat kotoran kering. Alat ini tidak disarankan untuk digunakan pada area yang basah atau lembap.

Perbandingan Wet Vacuum Cleaner dan Dry Vacuum Cleaner

1. Wet Vacuum Cleaner

Wet Vacuum Cleaner memiliki kelebihan sebagai penyedot debu yang serbaguna, bisa menghisap kotoran basah dan kering. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan kapasitas tangki yang besar.

Sementara kekurangannya, wet vacuum cleaner berukuran lebih besar dan berat dibandingkan dry vacuum cleaner. Harganya pun biasanya lebih mahal dan perawatannya lebih rumit karena perlu membersihkan tangki cairan.

2. Dry Vacuum Cleaner

Dry vacuum cleaner lebih ringan dan mudah digunakan dibanding wet vacuum cleaner. Harganya lebih terjangkau dan perawatan dry vacuum cleaner lebih sederhana.

Kekurangan dry vacuum cleaner di antaranya tidak bisa digunakan untuk menghisap kotoran cair atau basah dan kapasitasnya lebih kecil dibandingkan wet vacuum cleaner.


Baca Juga: Penjelasan Era Marketing 1.0 Hingga Marketing 5.0, Evolusi Strategi Pemasaran di Dunia

Powered by Froala Editor


Pilih Wet Vacuum Cleaner dan Dry Vacuum Cleaner Terbaik

Pemilihan antara wet vacuum cleaner dan dry vacuum cleaner  ditentukan oleh kebutuhan spesifik Anda. 

Jika Anda memiliki masalah yang berlarut-larut dengan tumpahan cairan atau kotoran basah, wet vacuum cleaner adalah pilihan yang tepat. Namun, jika kebutuhan Anda hanya untuk membersihkan kotoran kering sehari-hari, dry vacuum cleaner sudah cukup memadai.

Selain kebutuhan dari jenis kotoran yang sering Anda hadapi, sebaiknya pemilihan wet atau dry vacuum cleaner juga mempertimbangkan kualitas dan kenyamanan.

Pilihlah penyedot debu, baik itu wet vacuum cleaner atau dry vacuum cleaner, dari merek yang sudah teruji dan tepercaya. Mesin yang andal bisa mengurangi beban pekerjaan pembersihan Anda menjadi lebih mudah.

Dengan memahami perbedaan wet vacuum cleaner dan dry vacuum cleaner serta kekurangan dan kelebihannya masing-masing, Anda dapat menentukan pilihan mesin pembersih dan penyedot debu yang tepat untuk keperluan di rumah hingga di tempat kerja.



Powered by Froala Editor

www.hokione.id

Related News

Dec 2023
Apa itu pilot lamp atau lampu indikator panel listrik, mungkin Anda sudah sering melihat benda ini di kehidupan sehari-hari tanpa mengenal nama, fungsi, bahkan kegunaannya.Pilot lamp adalah salah satu komponen kelistrikan yang biasanya digunakan dalam industrial. Namun, benda ini juga sudah tidak as... See More
Feb 2022
Selamat Ulang Tahun PT. Mitra Cipta Hardi Elektrindo ke-24. Bertepatan dengan hari ini, Sabtu, 27 November 2021 adalah hari yang sangat penting dan istimewa dari semua pencapaian luar biasa yang telah diraih. PT. MCHE merupakan perusahaan distributor yang bergerak dalam bisnis mekanikal dan elektrik... See More