5 Manfaat Membangun Website E-commerce untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Angka Penjualan

May 2024


Manfaat membangun website e-commerce untuk bisnis ternyata cukup banyak, apalagi untuk bisnis-bisnis yang keuntungannya bergantung pada penjualan. 

Meski demikian, membangun sebuah situs perbelanjaan online itu tidaklah mudah. Ada beragam tantangan dan proses yang dihadapi sebelum akhirnya bisa merasakan keuntungan yang nyata dari pengelolaan e-commerce.

Di era digital seperti saat ini, memanfaatkan teknologi untuk memperluas bisnis adalah langkah yang cerdas, termasuk dengan pilihan untuk membangun sebuah website e-commerce

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah lima manfaat utama dari membangun website e-commerce untuk bisnis Anda.


Baca Juga: Penjelasan Era Marketing 1.0 Hingga Marketing 5.0, Evolusi Strategi Pemasaran di Dunia


Apa Itu E-commerce?

Di era teknologi digital seperti saat ini, semua aktivitas atau kegiatan cenderung beralih ke sistem online atau dilakukan melalui jaringan internet, termasuk transaksi jual beli.

Salah satu bentuk transaksi digital tersebut dilakukan melalui perantara seperti platform e-commerce yang berperan sebagai tempat transaksi antara penjual dan pembeli secara online melalui platform-platform seperti website, aplikasi mobile, atau media sosial. 

Hal ini memungkinkan konsumen melakukan pembelian kapan saja dan di mana saja, tanpa harus berkunjung langsung ke toko fisik. 

Melalui platform e-commerce itulah terjadi berbagai transaksi, seperti pembayaran elektronik, pengelolaan inventaris, dan pengiriman barang. 

Pertumbuhan teknologi dan kebutuhan akan kemudahan berbelanja saat ini telah menjadikan e-commerce sebagai industri yang berkembang pesat, dengan berbagai model bisnis, seperti B2C (Business to Consumer), B2B (Business to Business), dan C2C (Consumer to Consumer). 

Penggunaan platform e-commerce ini memberikan banyak manfaat, baik bagi pelanggan maupun pemilik bisnis. Tidak hanya bisnis yang menjual barang, namun para penjual jasa pun bisa memanfaatkan e-commerce untuk meningkatkan pendapatan.


Baca Juga: Perbedaan Marketplace dan E-commerce, Mana yang Paling Cuan untuk Bisnis Online?


Manfaat Membangun E-commerce untuk Bisnis

1. Menjangkau Segmen Pelanggan Baru

Dengan memiliki website e-commerce sendiri, perkembangan bisnis Anda tidak lagi terbatas pada wilayah geografis tertentu. Anda dapat menjangkau pelanggan baru di berbagai lokasi, bahkan di seluruh dunia. Dengan demikian, Anda dapat memperluas pasar dan mencapai audiens yang sebelumnya sulit dijangkau.

2. Meningkatkan Penjualan

Website e-commerce memberikan akses 24/7 bagi pelanggan untuk melakukan pembelian. Tidak ada lagi batasan waktu atau lokasi untuk berbelanja. Dengan kenyamanan ini, pelanggan cenderung melakukan pembelian lebih sering, yang berpotensi meningkatkan penjualan bisnis secara signifikan.

3. Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Melalui fitur-fitur seperti ulasan produk, forum diskusi, atau live chat, sebuah bisnis dapat membangun interaksi yang lebih personal dengan pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan, tetapi juga membuat bisnis memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan dengan lebih baik, yang dapat membantu meningkatkan pengalaman belanja.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Kehadiran secara online yang kuat melalui adanya website e-commerce dapat meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) sebuah bisnis di antara pelanggan potensial. Dengan memanfaatkan strategi pemasaran digital, seperti SEO, media sosial, dan kampanye iklan online, bisnis dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan memperkuat citra merek.

5. Solusi Kenyamanan Berbelanja bagi Pelanggan

Website e-commerce menyediakan platform yang nyaman bagi pelanggan untuk melakukan pembelian. Pelanggan dapat menjelajahi produk, membandingkan harga, dan melakukan transaksi dengan mudah dan nyaman dari rumah. Dengan fitur seperti penyimpanan informasi pembayaran dan pengiriman yang cepat, bisnis dapat meningkatkan pengalaman belanja pelanggan dan menjadikan pelanggan loyal terhadap merek bisnis tersebut.


Powered by Froala Editor


Website E-commerce Hokione untuk Kemudahan Akses Belanja Digital

Salah satu website e-commerce yang membuktikan manfaat kehadirannya bagi bisnis adalah Hokione, platform belanja online alat kebutuhan elektrikal dan mekanikal yang dikelola langsung oleh PT Mitra Cipta Hardi Elektrindo yang telah dikenal sebagai distributor resmi beragam brand elektrikal bertaraf internasional.

Kehadiran Hokione menjangkau segmen pelanggan baru bagi Mitra Cipta Hardi Elektrindo yang telah berkiprah selama puluhan tahun di industri ini. Dengan Hokione, kini pelanggan dapat merasakan pengalaman belanja kebutuhan listrik yang lebih mudah dan nyaman dari rumah.

Selain itu, fitur-fiturnya yang mudah digunakan dengan jaminan keamanan pembayaran tingkat tinggi semakin menambah menfaat bagi pengguna yang ingin berbelanja kebutuhan alat listrik, seperti sakelar hingga MCB, secara online.

Adanya Hokione sebagai platform e-commerce menghubungkan Mitra Cipta Hardi Elektrindo sebagai bisnis distributor alat listrik terbaik dengan pelanggan yang sebelumnya berada di luar jangkauan. 

Kemudahan tersebut menjadi salah satu keuntungan bagi bisnis yang turut fokus mengembangkan jaringannya melalui pengembangan website e-commerce, seperti yang dirasakan dari kehadiran Hokione.

Membangun website e-commerce adalah langkah yang penting bagi pertumbuhan bisnis. Selain membantu menjangkau pelanggan baru dan meningkatkan penjualan, platform ini juga membuat  bisnis dengan mudah membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan.

Manfaat membangun website e-commerce bagi sebuah bisnis tidak serta merta dapat dirasakan begitu saja. Keberhasilan suatu platform e-commerce juga harus didukung oleh investasi materi dan tenaga yang tepat sebagai modal awal menuju kesuksesan dalam dunia bisnis digital.



Powered by Froala Editor

www.hokione.id

Related News

Jul 2024
Penyebab listrik mati tapi meteran nyala bisa berasal dari berbagai faktor yang terkadang luput dari perhatian. Saat sedang asyik menonton televisi atau bekerja dari rumah, tiba-tiba listrik mati, namun meteran listrik tetap menyala. Situasi ini pasti membuat banyak orang bingung dan khawatir. ... See More
May 2023
Fungsi saklar dapat kita rasakan dalam keseharian. Saklar adalah sebuah komponen elektrikal yang digunakan untuk mengendalikan aliran listrik pada suatu perangkat elektronik. Saklar digunakan dalam berbagai aplikasi di dalam rumah, seperti lampu, kipas, dan peralatan elektronik lainnya. Ada beberapa... See More