5 Tips Cuci Motor Super Bersih di Rumah, Pakai Alat Ini Jadi Mudah dan Cepat!

Dec 2023


Mencuci motor sendiri di rumah bisa menjadi kegiatan yang cukup melelahkan. Selain harus bersih, mencuci sepeda motor juga harus dilakukan secara hati-hati karena adanya mesin dan bagian sensitif lainnya.

Sebelum mulai mencuci motor, pastikan mesin harus selalu dibiarkan dingin terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari jika air dan bahan pembersih masuk ke bagian dalam mesin yang dapat menyebabkan kerusakan.

Supaya kegiatan mencuci motor terasa menyenangkan dan memuaskan, simak 5 tips berikut ini yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Menghilangkan kotoran membandel

Motor yang tidak pernah dicuci, atau dibiarkan terparkir di garasi dalam waktu lama bisa menjadi sarang kotoran atau debu yang membandel.

Jika dibiarkan begitu saja, debu-debu ini berpotensi akan mengganggu kinerja sepeda motor saat digunakan. Hal ini bisa memicu bahaya bagi pengendara.

Oleh karena itu, kotoran yang membandel harus rutin dibersihkan agar tidak memicu kerusakan parah ke mesin maupun bagian sepeda motor yang lain.

Untuk menghilangkan debu yang terperangkap dalam jangka waktu lama, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan perawatan menggunakan penyedot debu basah dan kering

Alat ini bisa membantu menyedot debu dari celah-celah bagian motor yang sulit dijangkau dengan cepat dan mudah.

2. Bersihkan bagian sepeda motor yang sensitif terlebih dahulu

Beberapa bagian sepeda motor sangat sensitif, contohnya mesin dan rantai. Penting untuk memastikan kedua bagian tersebut dirawat dan dipelihara dengan baik.

Saat mencuci motor, pastikan rantai harus dibersihkan terlebih dahulu, baru kemudian bodi. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan residu berminyak yang dapat mengotori sepeda motor yang baru saja dicuci. 

Langkah pertama adalah menghilangkan kotoran kasar dari rantai dengan sikat kawat sebelum menggunakan pembersih rantai khusus. 

Setelah dibersihkan, lumasi rantai dengan semprotan khusus rantai. Hal ini untuk membuat rantai menjadi lentur dan melindungi dari korosi. Untuk memastikan semprotan rantai menempel dengan baik, semprotan ini hanya boleh digunakan pada rantai sepeda motor yang bersih dan kering.

Mesin sepeda motor juga harus diperlakukan dengan hati-hati. Apalagi, saat ini banyak model sepeda motor yang memiliki bagian mesin terbuka, yang dapat rusak saat pencucian. 

Membersihkan mesin sepeda motor sebaiknya menggunakan spons, sikat lembut, dan ember berisi air hangat. 

Gunakan spons terlebih dahulu untuk mencuci permukaan mesin dan sikat untuk membersihkan kotoran dari celah-celah yang lebih kecil. Kemudian bilas dengan air bersih.

3. Mencuci bodi sepeda motor

Setelah bagian sensitif motor dibersihkan, sekarang saatnya untuk membersihkan bodi dan fairing secara menyeluruh. 

Area yang sangat kotor harus dibersihkan dengan pembersih gel, karena gel menempel dengan baik pada bagian vertikal dan tidak menetes. Dengan demikian, area yang sulit dijangkau pun dapat dibersihkan secara efektif. 

Jangan lupakan lampu depan, spion, indikator, dan kaca depan. Debu membandel sering menempel di area-area ini setelah perjalanan jauh dan terutama di musim panas. Permukaan-permukaan ini harus dirawat secara terpisah agar jarak pandang tidak terganggu. 

Untuk menghilangkan kotoran yang membandel setelah direndam, gosok sepeda motor dengan spons basah secara perlahan. Namun, pastikan untuk mencucinya secara teratur dengan air untuk mencegah partikel kotoran dan minyak menyebar ke seluruh bagian bodi. 

Untuk membersihkan permukaan motor dengan cepat dan efektif, sebaiknya gunakan mesin cuci bertekanan. 

Tipsnya, saat menggunakan alat bertekanan tinggi, atur perangkat dengan kekuatan kinerja "Medium" dan pastikan ada jarak minimal 15 sentimeter antara alat dan motor yang sedang dibersihkan. Catatan, tekanan tinggi dapat merusak komponen plastik atau segel pada sepeda motor.

4. Membersihkan pelek sepeda motor

Pelek sepeda motor sering kali dapat sangat terpengaruh oleh kotoran, seperti lumpur atau abrasi rem. Untuk menjaga fungsinya tetap baik, pelek harus dirawat dengan benar. 

Saat membersihkan bagian ini, gunakan pembersih pelek khusus, yang menghilangkan semua kotoran serta debu dan keausan ban pada semua jenis pelek. 

Selain itu, gunakan juga sikat pencuci roda yang memastikan pembersihan 360 derajat, bahkan di tempat yang sulit dijangkau dan di celah terkecil. 

Sikat ini cukup dihubungkan ke mesin pencuci bertekanan. Dengan alat ini, air didistribusikan secara merata untuk melarutkan kotoran sebanyak mungkin, baru kemudian dibilas.

5. Keringkan dan poles sepeda motor

Sangat penting untuk mengeringkan sepeda motor dengan benar setelah mencucinya. Untuk mengeringkan bodi keseluruhan memang bisa memanfaatkan sinar matahari alami dengan suhu yang tidak terlalu panas. 

Namun demikian, area yang lembap juga harus dilap secara menyeluruh dengan kain. Jika tidak, maka noda air akan cepat terbentuk, terutama pada bagian jok. 

Saat mencuci sepeda motor, pastikan tidak ada uap air yang masuk ke dalam celah-celah kecil karena hal ini dapat menyebabkan korosi dalam jangka panjang. 

Mesin penyedot debu basah dan kering sangat berguna sebagai solusi. Fungsi tiup dapat digunakan untuk menghilangkan residu air dengan cepat dan efektif dari celah-celah yang lebih kecil. Sebagai alternatif, kelembapan dapat disedot secara langsung menggunakan fungsi hisap.



Powered by Froala Editor


Rekomendasi Alat untuk Cuci Motor Super Bersih, Cepat, dan Mudah

Untuk kegiatan mencuci sepeda motor sendiri di rumah, kita bisa menggunaakan alat atau mesin yang sederhana dan mudah. Memiliki alat ini di rumah bisa meringankan pekerjaan pencucian sepeda motor yang melelahkan.

Selain mudah dan praktis penggunaannya untuk membantu kegiatan sehari-hari, mesin pembersih bisa menjadi investasi jangka panjang karena fungsinya yang luar biasa.

Salah satu alat pamungkas yang wajib dimiliki untuk keperluan mencuci motor sendiri di rumah adalah mesin pressure washer. Dengan daya tekanan tinggi, mesin ini mampu membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan motor dengan cepat.

Mesin pressure washer dari Karcher menjadi yang paling banyak direkomendasikan sebagai perangkat pembersih tekanan andal dan efisien. 

Didesain dengan teknologi canggih, Karcher menawarkan mesin pressure washer yang mampu membersihkan berbagai permukaan dengan kekuatan tekanan tinggi, termasuk untuk mencuci segala jenis kendaraan.

Alat ini dilengkapi dengan berbagai fitur inovatif, keandalan, dan performa tinggi sehingga bisa menjadi pilihan utama dalam pekerjaan pembersihan.

Untuk mendapatkan berbagai tipe mesin pressure washer dari Karcher yang terjangkau dan asli, Anda bisa mengunjungi platform belanja online terlengkap, yakni Hokione.id.



Powered by Froala Editor

www.hokione.id

Related News

Mar 2023
Memasuki rumah baru tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan dan menantang. Selain harus menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, Anda juga harus mempersiapkan segala kebutuhan yang dibutuhkan untuk rumah baru Anda. Salah satu hal yang tidak bisa Anda lewatkan adalah kebutuhan alat listrik.Alat... See More
Dec 2022
Manusia diciptakan Tuhan dengan keberagaman, perbedaan dan keunikan masing-masing. Namun hal itu tidak menjadi penghalang bagi kita untuk kita saling berbagi kebahagiaan kepada sesama yang membutuhkan. Satu kebaikan yang kita lakukan akan memberikan energi hidup dan tumbuh dan akan menyebarkan kebai... See More