Arus Listrik Aman Penghuni Nyaman

Feb 2023

Salah satu ancaman terbesar ke rumah Anda mengintai tepat di dalamnya. Masalah listrik menyebabkan lebih dari 20.000 kebakaran per tahun di Inggris dan lebih dari 45.000 di AS setiap tahun. Api bukan satu-satunya bahaya; 30.000 kecelakaan kejut non-fatal terjadi setiap tahun di Amerika Serikat sementara 350.000 orang per tahun terluka parah oleh sengatan listrik di Inggris.

Cara mudah untuk melindungi rumah dan keluarga Anda adalah dengan melakukan tindakan berikut:


Pastikan panel listrik Anda mutakhir

Karena panel servis Anda adalah jantung dari sistem kelistrikan rumah Anda, sangat penting untuk memperbaruinya untuk memenuhi tuntutan energi dan persyaratan keselamatan saat ini. Di AS, rumah yang dibangun sebelum pertengahan 1960-an memiliki panel sekering 30 atau 60 amp, tetapi yang dibangun dalam 50 tahun terakhir memiliki pemutus sirkuit yang dapat disetel ulang. Di AS misalnya, seratus amp adalah minimum yang diizinkan, tetapi 200 amp adalah standar di rumah baru. Rumah-rumah Eropa memiliki panel yang serupa, meskipun standar voltase dan arus listriknya berbeda. Jika panel Anda tidak sesuai, itu harus diganti.

Panel Anda juga harus memiliki perangkat yang dipasang untuk mencegah sengatan listrik, karena pemutus sirkuit konvensional saja tidak dapat melindungi Anda. Disebut Ground Fault Circuit Interrupter (GFCI) di Amerika Utara dan Residual Current Device (RCD) di Eropa, perangkat ini mendeteksi ketidakseimbangan aliran arus masuk dan keluar dari sirkuit dan segera mematikan sirkuit untuk mencegah sengatan listrik.

Akhirnya, panel Anda juga harus melindungi dari kesalahan busur. Pelepasan tegangan rendah yang tidak disengaja ini tidak dapat dideteksi oleh pemutus sirkuit, jadi Anda harus memasang perangkat khusus — yang disebut Arc Fault Circuit Interrupter (AFCI) di Amerika Utara dan Arc Fault Detection Device (AFDD) di Eropa — yang akan memantau mereka dan membuat sirkuit tersandung saat terdeteksi.


Cari tahu berapa umur kabel Anda

Kabel lama atau rusak adalah penyebab utama kebakaran rumah. Anda sering dapat menentukan usia kabel rumah Anda dengan bahan yang digunakan. Di Inggris, misalnya, kabel yang dilapisi timah, kain, atau karet hitam digunakan di rumah sebelum tahun 1960-an. Demikian pula, kabel aluminium hanya digunakan di rumah-rumah AS dari sekitar tahun 1965 hingga 1973 dan 55 kali lebih mungkin untuk mencapai "kondisi bahaya kebakaran" daripada kawat tembaga, menurut Komisi Keamanan Produk Konsumen AS. Mintalah teknisi listrik berlisensi memeriksa kabel rumah Anda jika Anda memiliki masalah.


Ganti stopkontak dan sakelar yang rusak

Periksa semua sakelar lampu dan stopkontak di rumah Anda. Pelat yang retak atau pecah menimbulkan risiko sengatan listrik, sementara dengungan atau perubahan warna menunjukkan masalah kabel yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran. Jika Anda memiliki anak kecil, pastikan setiap stopkontak tertutup atau dicolokkan.


Gunakan peralatan dengan aman

Meskipun sistem kelistrikan Anda dalam kondisi baik, peralatan dan perangkat rumah tangga Anda mungkin tidak aman. Kabel yang aus dan colokan yang rusak meningkatkan risiko kebakaran dan sengatan listrik. Penggunaan yang tidak tepat — seperti memasang kabel listrik di bawah karpet atau memasang bohlam dengan watt lebih dari yang dirancang untuk ditangani oleh lampu — juga berbahaya.

sumber: www.se.com 


Related links:

https://mitra-one.id/en 

https://www.se.com/id/en/ 

 

Powered by Froala Editor

Powered by Froala Editor

https://mitra-one.id/en/news

Related News

Oct 2024
Saklar dan stop kontak yang bagus untuk ruangan dapat menambah estetika, di samping fungsinya yang penting sebagai perangkat kelistrikan. Memilih saklar dan stop kontak tidak bisa dianggap remeh, karena kedua komponen ini memiliki peran penting dalam keamanan dan kenyamanan penggunaan listrik di rum... See More
Nov 2023
 Sistem keamanan gedung menjadi aspek krusial yang tidak bisa diabaikan karena menyangkut kepentingan keselamatan para penghuni di dalamnya.Keberadaan alat atau sistem keamanan bisa mendeteksi bahaya yang mungkin terjadi di dalam gedung, seperti potensi kejahatan hingga keadaan darurat yang men... See More