Bahaya dan Penyebab Listrik Spaning, Ketahui 4 Cara Mengatasi Gangguan Tegangan Rendah

Jun 2024


Penyebab listrik spaning atau gangguan tegangan listrik rendah dapat membuat kita merasa tidak nyaman saat menggunakan perangkat elektronik. Lebih dari itu, bahaya listrik spaning bisa berkembang lebih jauh seperti terjadinya korsleting dan kebakaran.

 

Oleh karena itu, sangat penting mengetahui penyebab dan cara mengatasi bahaya listrik spaning agar tidak berkembang menjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Simak pengertian dan penyebab listrik spaning dalam artikel ini untuk mengetahui cara mengatasi gangguan tegangan rendah tersebut.

 

 

Baca Juga: Fungsi Inverter Variable Speed Drive (VSD) pada Motor Listrik dan Peralatan Industri

 

 

Pengertian Listrik Spaning

 

Gangguan listrik spaning adalah kondisi di mana tegangan listrik mengalami fluktuasi yang signifikan, bisa berupa kenaikan atau penurunan tiba-tiba dari level tegangan normal yang seharusnya stabil. 

 

Biasanya, rumah mengalami listrik spaning saat tegangan listrik yang dialirkan berada di bawah level standar yang ditentukan untuk operasi normal peralatan listrik. 

 

Di Indonesia, tegangan listrik standar untuk perumahan dan komersial sekitar 220 volt, dan bila tegangan jatuh di bawah angka ini secara signifikan, maka dikatakan terjadi tegangan rendah atau spaning.

 

Listrik yang spaning memerlukan perhatian khusus karena dapat mengganggu produktivitas dan keselamatan dalam lingkungan rumah tangga maupun industri.

 

Kondisi listrik spaning yang terjadi di rumah atau bangunan bisa memicu berbagai masalah apabila tidak ditangani dengan segera. Oleh karena itu, memahami dan mengatasi gangguan listrik spaning sangat penting untuk menjaga keandalan dan efisiensi sistem kelistrikan.

 

Bahaya Listrik Spaning

 

Kondisi litrik spaning atau tegangan rendah dapat menimbulkan berbagai bahaya dan masalah yang signifikan, termasuk mempengaruhi perangkat elektronik dan peralatan listrik lainnya.

 

Peralatan elektronik dan listrik yang beroperasi di bawah tegangan yang disarankan bisa mengalami kerusakan atau keausan lebih cepat. 

 

Selain itu, gangguan listrik spaning juga membuat peralatan listrik tidak berfungsi dengan efisiensi optimal, mengakibatkan penggunaan energi yang lebih besar untuk mencapai hasil yang sama, dan pada akhirnya bisa membuat tagihan listrik membengkak.

 

Tak hanya itu, kabel dan komponen listrik yang bekerja di bawah tegangan rendah dapat memanas secara berlebihan, meningkatkan risiko kebakaran.

 

Gangguan listrik spaning bisa memengaruhi fungsi perangkat keselamatan, seperti alarm kebakaran atau sistem keamanan sehingga bisa membahayakan keselamatan pengguna.

 

Penyebab Listrik Spaning

 

1. Kualitas Kabel dan Peralatan Kurang Baik

 

Penyebab listrik spaning yang pertama bisa berasal dari kabel dan peralatan yang berkualitas rendah atau tidak sesuai spesifikasi. Hal ini tidak hanya berisiko pada listrik spaning, tetapi juaga gangguan listrik lainnya. Kabel dengan diameter yang tidak memadai atau bahan yang tidak sesuai dapat meningkatkan resistansi dan menurunkan tegangan.

 

2. Sambungan Longgar

 

Sambungan yang longgar atau tidak baik antara kabel-kabel atau komponen listrik lainnya dapat menyebabkan penurunan tegangan sehingga memicu listrik spaning. Sambungan yang buruk meningkatkan resistansi di titik sambungan tersebut, yang mengakibatkan hilangnya daya dan penurunan tegangan.

 

3. Faktor Lingkungan

 

Kondisi lingkungan seperti suhu tinggi, kelembaban, atau cuaca ekstrem dan adanya petir dapat mempengaruhi performa sistem distribusi listrik dan menjadi penyebab listrik spaning selanjutnya. Misalnya, panas yang berlebih dapat meningkatkan resistansi kabel, sementara kelembaban tinggi dapat menyebabkan korosi pada sambungan dan komponen listrik.

 

4. Gangguan Jaringan PLN

 

Gangguan jaringan PLN juga menjadi penyebab listrik spaning yang paling umum. Gangguan yang sering kali terjadi di antaranya kesalahan penyanggaan kabel dan jaringan, transformator bermasalah, pemadaman bergilir, hingga sistem proteksi dan relai yang tidak optimal. 

 


Powered by Froala Editor


Cara Mengatasi Listrik Spaning

 

1. Menggunakan Perangkat Stabilizer

 

Salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bahaya listrik spaning adalah dengan menggunakan perangkat stabilizer yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke rumah Anda. Dengan alat ini, peralatan listrik Anda mendapatkan suplai listrik dengan tegangan yang konstan.

 

Stabilizer dapat melindungi peralatan elektronik dari kerusakan akibat tegangan yang tidak stabil dan mengurangi risiko korsleting listrik.

 

2. Memasang Perangkat Listrik Berkualitas

 

Pemilihan perangkat listrik yang berkualitas sangat penting untuk menjaga tegangan listrik tetap stabil. Perangkat berkualitas biasanya memiliki perlindungan tambahan dan lebih tahan terhadap fluktuasi tegangan.

 

Pilih perangkat dengan merek yang terpercaya dan sudah teruji dan selalu perhatikan sertifikasi keamanan yang dimiliki perangkat.

 

3. Segera Menghubungi PLN

 

Jika listrik spaning di rumah Anda terjadi begitu saja tanpa ada masalah pada instalasi saat diperiksa, bisa jadi gangguan utamanya ada di jaringan PLN. Untuk mengatasinya, segera laporkan listrik spaning di rumah Anda kepada PLN agar dilakukan pengecekan dan perbaikan.

 

Catat waktu dan frekuensi terjadinya listrik spaning. Lalu laporkan masalah tersebut ke layanan pelanggan PLN melalui telepon atau aplikasi. Minta petugas PLN untuk datang dan memeriksa instalasi listrik di rumah Anda.

 

4. Menggunakan Energi Listrik Sesuai Aturan

 

Menggunakan energi listrik sesuai dengan aturan dan batasan yang telah ditetapkan juga sangat penting untuk mencegah masalah listrik spaning. Hindari penggunaan perangkat listrik yang melebihi kapasitas daya yang tersedia di rumah Anda.

 

Jangan menggunakan terlalu banyak perangkat listrik secara bersamaan dan ingat untuk selalu mematikan peralatan listrik yang sedang tidak digunakan.

 

 

Baca Juga: 10 Peralatan K3 untuk Proyek Industri Berat dan Fungsinya

 

 

Mengatasi penyebab listrik spaning sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan instalasi listrik di rumah Anda. Dengan mengikuti cara di atas, Anda dapat meminimalkan risiko kerusakan perangkat elektronik dan menjaga suplai listrik tetap stabil. Solusi perangkat listrik yang berkualitas bisa Anda dapatkan di Mitra Cipta Hardi Elektrindo.

 

Powered by Froala Editor

www.hokione.id

Related News

Dec 2023
Mencuci motor sendiri di rumah bisa menjadi kegiatan yang cukup melelahkan. Selain harus bersih, mencuci sepeda motor juga harus dilakukan secara hati-hati karena adanya mesin dan bagian sensitif lainnya.Sebelum mulai mencuci motor, pastikan mesin harus selalu dibiarkan dingin terlebih dahulu. Hal i... See More
Jun 2022
Sakelar pemutus beban (LBS) Socomec, untuk apa itu? Yuk cari tahu di sini. Sakelar pemutus beban adalah perangkat yang digunakan untuk membuka rangkaian listrik dengan mengisolasi sumber dari konsumen. Baik manual, bermotor, atau dengan fungsi trip, perangkat ini memastikan pembuatan, pemutusan, dan... See More